1.5.09

Benarkah Hari Ghadir Khum?


Abu Said al-Khudri berkata,"Ketika Rasul saw menyeru orang-orang untuk berbaiat kepada Ali di Ghadir Khum, yang bertepatan dengan hari khamis, ayat ini turun kepada beliau:


"Pada hari ini, telah Kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridai Islam itu menjadi agama bagimu."( al-Maidah : 3)


Rasul saw lalu bersabda, 'Segala puji bagi Allah atas kesempurnaan agama dan nikmat serta ridha-Nya atas risalahku dan kepimpinan Ali sepeninggalku." (I'lam al-Wara bi A'lam al-Huda, jil. I, hal. 263; Qishash al-Anbiya', Rawandi, hal. 355.)
*************************************************************************************
Ibnu Abbas berkata, "Di hari Ghadir Khum, Rasulullah saw mengangkat tangan Ali dan bersabda, 'Barangsiapa menjadikanku sebagai pemimpinnya, maka Ali adalah pemimpinnya. Ya Allah, dukunglah orang yang mendukungnya dan musuhilah orang yang menentangnya. Ya Allah, cintailah orang yang mencintainya dan bencilah orang yang membencinya.'" (Al-Ghadir, jil. IX, hal. 269; al-Muntakhab min al-Shihah al-Sittah, hal. 232; Majma' al-Zawaid, jil. IX, hal. 106; al-Mu'jam al-Kabir, Thabrani, jil. II, hal. 357; Kanz al- Ummal, jil. IX, hal. 609 hadis ke- 32948.)

Rasul saw bersabda," Engkau adalah waliku di dunia dan akhirat, jiwaku yang berada di kedua sisiku, pemimpin (umatku), pembantuku, dan washiku-ku. Engkau adalah khalifahku dan pemegang panjiku di dunia dan akhirat." (Al-Khisal, hal. 429; al-Ghadir, jilid. IX, hal. 300; Kanz al-Ummal, jil. IX, hal. 612 hadis ke-32965)



No comments:

Seruan

Photobucket